Padang TIME.com-Pati – Dipusatkan dihalaman Pendopo Kab. Pati, Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Lahir Pancasila, Sabtu ( 01/06 ). Hadir dalam  kegiatan upacara Diantaranya Bupati Pati /H. Haryanto,  SH. MM. MSi beserta Wakil Bupati Pati H Saiful Arifin, Dandim 0718/Pati /Letkol Arm Arief Darmawan,  S. Sos. Kapolres Pati diwakili Waka Polres Pati Kompol M. Ifan Hariyat .T. SH. S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Pati /Dedy Koesmono, SH MH, Kepala Pengadilan Negeri Pati / Suwarno, SH. MH. Setda Pati / Ir. Suharyono, MM Perwakilan DPRD Kab. Pati / Ibu Hj Endah Sri Wahyuningati, serta peserta upacara berjumlah sekitar 500 Orang terdiri dari Kompi dan peleton PNS, Sat Pol, Linmas FKPPI, Pemuda Pancasila dan Pemuda Panca Marga.

Dalam amanatnya Inspektur Upacara (Pembacaan teks sambutan kepala BPIP/Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ) bahwasannya Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberagaman secara natural merupakan karakteristik dari ke Indonesiaan. Demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada di Indonesia.

Ditempat terpisah Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos mengatakan
Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa.
” Oleh karena itu wajib bagi kita untuk mengerti bahwa nilai nilai dari Pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan sehari hari,” Ungkap Arief.

Pancasila yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat untuk Indonesia. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Berkat Pancasila toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional. Pancasila sebagai pemersatu keanekaragaman Indonesia dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. (sol/pdmpati)

LEAVE A REPLY