Nagari Katiagan Kejar Ketertinggalan

625
Ket. Foto: Tampak Kantor Wali Nagari Katiagan Berdiri Megah
sponsore

PARIWARA Nagari Katiagan Kec. Kinali Pasaman Barat

Kamis 7 November 2019
Foto: Tampak Bupati Pasbar H. Yulianto, SH., MM (kiri) bersama dengan Wali Nagari Katiagan Endang Putra (Kanan)

PadangTIME.com — Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) memanfaatkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2019 untuk pembangunan fisik fasilitas umum dan pemberdayaan.

Wali Nagari Katiagan, Endang Putra saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/11/2019) mengatakan bahwa pihaknya saat ini fokus pada pembangunan fisik fasilitas umum yang bermanfaat untuk masyarakat, seperti pembangunan jalan, gedung MDA, normalisasi sungai, dan masih banyak yang lainnya.

“Dana ADD kita manfaatkan sesuai peruntukannya yaitu untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. Makanya kita bangun beberapa fasilitas yang juga bertujuan untuk pemberdayaan seperti MDTA, dimana nantinya bisa membina generasi kita untuk menuntut dan belajar ilmu agama sepulangnya dari sekolah,” katanya.

Ket. Foto: Pembangunan Gedung MDTA di Kejorongan Katiagan
Foto: Normalisasi Sungai Batang Mandiangin

“Dalam hal pemberdayaan masyarakat, kita juga membangun beberapa fasilitas umum seperti Pembangunan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di jorong katiagan, pembangunan 4 unit pondok wisata untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung, pembangunan pagar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cinta Sehat, dan peningkatan Polindes jorong Katiagan yang mana agar nantinya masyarakat bisa terlayani dengan baik dalam hal kesehatan,” jelas Endang Putra yang siap untuk melanjutkan kepemimpinan periode tahun 2021 – 2027 mendatang apabila masih diberikan amanah oleh rakyatnya.

Ia mengatakan saat ini ADD tahun 2019 berjumlah Rp 1.496.461.471,- rupiah dan sudah terlaksana sebanyak 60 persen yang tersebar pada beberapa kegiatan diantaranya lanjutan peningkatan jalan jembatan bukik – jembatan langkok, lanjutan peningkatan jalan Poros Mandiangin – Katiagan, pembangunan jalan rabat beton Ponton Jembatan Gantung, pembangunan jalan rabat beton Ujuang Pasa – Taluak, pembangunan Jalan Rabat Beton Rumah Gadang – Balai Nagari dan pembangunan saluran Drainase Lambau.

Ket. Foto: Pembangunan Pondok Wisata di Taluak Batiang Kejorongan Mandiangin

Selain itu, juga dilakukan antisipasi meluapnya air ke pemukiman dan abrasinya tebing pemukiman warga dengan membangun lanjutan pembangunan DAM tepi sungai batang mandiangin, serta dilakukan normalisasi sungai untuk menampung debit air apabila musim hujan tiba.

Ket. Foto: Pembangunan DAM Tepi Sungai Ujuang Pasa di Kejorongan Mandiangin

Kemudian menurutnya, dari ADN tahun 2019 nagari Katiagan mendapatkan 4 kegiatan yaitu pembangunan turap sungai batang masang dan sungai batang mandiangin lubuak puta, pembanguanan pagar kantor Wali Nagari Katiagan, dan pembangunan tangga Mesjid Nurususa’adah jorong Katiagan dengan total nilai anggaran sebesar Rp. 400.000.000,- rupiah.

“Dana ADN yang kita dapatkan sebesar Rp. 400.000.000,- rupiah, dan yang baru kita terima sebesar 70 persen dan itu semuanya sudah terlaksana tinggal finishing nantinya di tahap ke tiga,” ungkapnya.

Ket. Foto: Jalan Poros yang menghubungkan Mandiangin – Katiagan

Sama halnya dengan dana ADD, nagari Katiagan masih menunggu tahap ketiga sebesar 40 persen lagi untuk penyelesaian seluruh pengerjaan pembangunannya.

Terakhir, pihaknya berharap ditahun 2020 mendatang, pemerintah daerah kabupaten Pasaman Barat agar mempertimbangkan usulannya yang sudah diajukan melalui musrenbang nagari dan kecamatan nantinya agar apa yang diharapkan masyarakat kejorongan mandiangin dan kejorongan katiagan bisa terwujud. (Romi Nasution)

Balang

LEAVE A REPLY