sponsor

Padang TIME.com-Martin Cooper lahir pada 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, AS. Beliau adalah anak dari Arthur dan Mary Cooper. Beliau meraih gelar sarjana Teknik Elektrik pada tahun 1950 dari Illinois Institute of Technology.

Cooper pun memperoleh gelar master di bidang yang sama dan dari institusi yang sama pada 1957. Pada masa itu, Cooper pernah menjadi tentara pada Angkatan Laut, AS, dan ditugaskan pada Perang Korea yang terjadi 1950 hingga 1953.

Setelah itu, Cooper pindah bekerja pada Motorola. Di masa awalnya bersama Motorola, Cooper bekerja di divisi yang menciptakan radio komunikasi polisi.

Motorola DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage) adalah ponsel pertama yang diciptakan oleh Cooper. Ponsel ini berukuran 9 inci dengan berat 2,5 pounds yang mampu digunakan untuk menelepon selama 35 menit dalam sekali pengisian baterai yang menghabiskan waktu 10 jam.

DynaTAC dibuat Cooper dan timnya dalam waktu 3 bulan. Waktu tersebut terbilang singkat sebab Cooper dan timnya memerlukan ribuan bagian untuk membuat DynaTAC. Sebuah percobaan sambungan telepon pertama di jalanan New York pada 3 April 1973 menjadi peristiwa penting bagi dunia teknologi komunikasi.

Satu unit DynaTAC diperkirakan membutuhkan biaya pembuatan hingga $1 juta dikala itu sehingga belum bisa dijual secara bebas di pasaran. Seiring berjalannya waktu kami (akhirnya) membuat produk komersial, itu terjadi 10 tahun kemudian. Kami tidak menjual produk ini hingga Oktober 1983, dan ponsel tersebut kemudian dihargai US$3.900 (kala itu).

Balang

LEAVE A REPLY