sponsore

Padang TIME.comMenurut US Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, satu cangkir kenari organik ukuran 30 gram mengandung 200 kalori energi, 1 gram gula, 3, 89 gram karbohidrat, 2 gram serat, 5 gram protein, 20 gram lemak, 20 miligram kalsium, 0,72 miligram besi dan sumber mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, dan besi yang membuat kacang kenari sangat bermanfaat untuk tubuh.

Selain mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan lemak tak jenuh ganda serta asam lemak omega-3, kacang kenari juga merupakan sumber protein yang baik. Kombinasi lemak, protein, dan serat pada kenari juga dapat menjadi camilan yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan dibanding dengan keripik, kerupuk, serta makanan karbohidrat sederhana lainnya.

Menurut The Encyclopedia of Healing Foods manfaat kacang kenari terletak pada konsentrasi nutrisinya tinggi dengan jumlah antioksidan dan Vitamin E yang mencukupi kebutuhan alami tubuh. Setelah mengetahui kandungan penting kenari, berikut adalah manfaat kacang kenari lebih detail lagi yang membuatmu mempertimbangkan mengonsumsi kenari secara rutin.

Melawan Kanker

Kacang kenari dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara. Dalam sebuah penelitian, tikus yang memakan 2,4 ons kacang kenari selama 18 minggu mengalami perlambatan pertumbuhan tumor prostat ketimbang tikus yang memiliki penyakit sama tapi tidak mengonsumsi kenari.

Secara keseluruhan, diet kacang kenari dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat 30-40 persen.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang kenari mengandung asam amino l-arginine yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Asam alfa-linolenat omega-3 yang berbahan dasar nabatinya (ALA) yang anti-inflamasi dapat mencegah pembentukan gumpalan darah patologis, mengurangi risiko jantung koroner, dan mendukung kadar kolesterol sehat.

Walaupun punya manfaat yang sangat positif untuk kesehatan jantung, buat kamu yang sedang dalam proses penyembuhan penyakit herpes, sebaiknya tidak mengonsumsi kacang kenar. Sebab, kadar arginin yang tinggi dapat memicu kambuhnya penyakit herpes. Baca juga: Perlu Konsumsi Ini Setelah Makan Junk Food

Mengandung Antioksidan Tinggi

Manfaat kacang kenari yang tidak boleh diluputkan adalah kandungan antioksidannya yang sangat baik untuk kesehatan dan dapat memerangi radikal bebas terkait usia. Keunikan dari kacang kenari adalah karena kacang kenari mengandung beberapa antioksidan yang hanya sedikit terdapat pada jenis makanan lain, contohnya saja quinone juglone, tanin tellimagrandin, dan flavonoid morin 8.

Mengontrol Berat Badan

Menambahkan menu kacang kenari dalam menu dietmu bisa membantu kamu mempertahankan berat badan ideal. Makan kenari juga sering dikaitkan dengan rasa kenyang, sehingga sangat baik untuk kamu yang sedang mengontrol asupan makan.

Selain mengontrol berat badan, kacang kenari juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria melalui peningkatan kualitas sperma mulai dari vitalitas, motilitas, dan morfologinya.

Menjaga Kesehatan Otak

Kacang kenari mengandung sejumlah senyawa neuroprotektif termasuk vitamin E, folat, melatonin, omega-3, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak termasuk peningkatan penalaran. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat menurunkan stres dan dapat meningkatkan fungsi kognitif serta motorik seiring dengan pertambahan usia.

Balang

LEAVE A REPLY