HumasUINIB, 22/8-2019. Ketua Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatera Barat telah usai, ditandai dengan acara perpisahan yang sangat meriah dan penuh haru dengan Pemerintah Nagari dan warga masayarakat setempat yang dimeriahkan dengan penampilan hiburan dan tari tradisional binaan mahasiswa selama KKN-PPM pada hari Rabu malam (21/8) yang dihadiri oleh Rektor UIN yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat-Testru Hendra, M. Ag, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat-Drs. H. Masrial, MA, Ketua Panitia KKN-PPM-Drs. Saharman, M. Ag dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sedangkan dari pihak Pemerintah Nagari hadir Wali Nagari, Sekretaris Nagari, tokoh masyarakat, Niniak Mamak, dan ratusan warga yang memadati lapangan terbuka di pinggir pantai nan indah itu.

Dalam sambutannya, Testru Hendra menhampaikan bahwa UIN Imam Bonjol Padang telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia sejak tahun 2018 yang lalu. “Untuk itu kami menempatkan mahasiswa KKN-PPM di nagari ini, karena dengan bekerja sama banyak hal yang bisa kita lakukan dalam rangka menjadikan nagari ini lebih maju dan sejahtera di masa mendatang. Ada hal-hal tertentu Bapak dan Ibu lebih mengetahui dari pada kami, namun dalam lain hal kami ingin berbagi dengan Bapak dan Ibu. Mari kita kembangkan setiap potensi yang ada di nagari ini untuk meningkatkan nilai tambah Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia di masa yang akan datang. Kita berharap partisipasi masyarakat semakin meningkatdalam rangka mengangkat kesejahteraan dan kemajuan nagari ini”, ungkap Testru dengan optimis.

Sementara itu, Ketua Kelompok KKN-PPM Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia-Oksa Putra Nurman (mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora) dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa banyak kesan dan kenangan indah dan tak terlupakan dengan masyarakat dan pemuda selama menjalani KKN-PPM, kalaulah boleh ditambah masa KKN-PPM ini, saya ingin pertambahan waktu. Terlalu banyak kesan positif di Sungai Nyalo Mudiak Ayia. Kami telah melakukan pembinaan seni, lomba bidang keagamaan, menghidupkan kembali TPA di Masjid Nurul Jadid dan MDA di Masjid Nurul Huda, khatib Jumat dan Idul Adha. Terima kasih banyak kami sampaikan kepada Bapak Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia beserta seluruh lapisan masyarakat yang telah menerima, membantu dan memfasilitasi kami sehingga dapat menjalankan program KKN-PPM dengan baik dan lancar.

Wali Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia-Marjam dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa UIN IB yang mengikuti KKN-PPM di Nagari Sungai Nyalo Mudiak Ayia sangatlah luar biasa. “Masyarakat kami sangat merasa terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN-PPM UIN IB ini. Untuk itu, kami bermohon kepada Bapak Rektor àgar di tahun 2020 dan seterusnya nagari kami tetap dijadikan sebagai lokasi KKN dan harapan kami jumlah mahasiswa yang KKN di nagari kami dapat ditambah jumlahnya”, pungkas Pak Wali yang sangat ramah ini.

Malam perpisahan yang penuh dengan keakraban tersebut juga dimeriahkan oleh beberapa penampilan tari hasil binaan mahasiswa dan persembahan tari dari mahasiswa itu sendiri. Ge
[08:55, 8/22/2019] Getri Argenis Humas UIN IB: Dan diakhiri dengan penyerahan hadiah lomba keagamaan dan berbagai cabang lomba lainnya. G3

LEAVE A REPLY