Ketum PKPS Serahkan Bantuan Untuk Korban Wamena

803
sponsor

PadangTIME.com – PAINAN – Ketua Umum Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Alirman Sori menyerahkan bantuan kepada keluarga korban kerusuhan Wamena. Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian dari sesama perantau dan diharapkan dapat meringankan beban keluarga korban kerusuhan.

Penyerahan bantuan berlangsung di kantor bupati Pesisir Selatan, Senin (18/11/2019). Bantuan dalam bentuk uang senilai Rp85 juta tersebut diterima oleh Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mewakili masyarakat korban kerusuhan.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian dari perantau. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun kami berharap hendaknya dapat membantu meringankan beban,” kata Alirman Sori.

Ketum PKPS yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini berharap, masyarakat yang menjadi korban dalam kerusuhan Wamena dapat sabar dan memulai kehidupan baru di kampung halaman dengan lebih baik lagi.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan kepedulian masyarakat perantauan. Bantuan tersebut secepatnya akan disalurkan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat korban kerusuhan Wamena yang terpaksa harus pulang kampung.

“Masyarakat perantau yang pulang kampung usai terjadinya kerusuhan di Wamena, saat ini belum sepenuhnya pulih. Sebab di kampung mereka harus memulai semua dari awal lagi. Bantuan uluran tangan dari PKPS dan semua pihak yang telah diterima sangat berarti untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka,” ungkapnya.

Seperti diketahui, kerusuhan pecah di Wamena, Papua pada 23 September 2019 lalu. Kerusuhan itu menyebabkan puluhan orang meninggal dunia dan ribuan orang yang sebagian besar perantau terpaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk perantau dari Sumatera Barat. Dalam kerusuhan itu, warga asal Sumatera Barat ada yang menjadi korban meninggal dunia.

Alirman Sori menyatakan mengutuk kerusuhan tersebut dan meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas. Meski demikian, ia meminta agar persoalan itu jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. (*)

Luangkan Waktu Bertatap Muka, Alirman Sori Ingatkan Bahaya Narkoba dan Kemajuan Teknologi

PAINAN – Meski tidak dalam masa reses (masa istirahat bersidang), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Barat Alirman Sori berusaha untuk bisa bertatap muka dengan masyarakat di daerah pemilihan dalam setiap kesempatan.

Memanfaatkan waktu luang usai menyerahkan bantuan PKPS kepada warga Pesisir Selatan korban kerusuhan Wamena, Senin (18/11/2019) Alirman Sori bertatap muka dengan masyarakat di Nagari Duku Utara Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Dalam kesempatan tatap muka yang difasilitasi Walinagari Duku Utara Widoyo Hermanto tersebut, Alirman Sori mengingatkan agar orangtua selalu memantau perkembangan anak – anak. Dewasa ini, bahaya narkoba semakin mengancam kehidupan anak – anak terutama usia remaja.

“Lebih dari 2/3 penghuni lembaga pemasyarakatan saat ini karena tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Ini harus diwaspadai dan orangtua harus terus memantau perkembangan anak – anak terutama yang usia remaja,” jelasnya.

Dia menambahkan, maraknya peredaran narkoba juga sudah mewabah sampai ke Sumatera Barat. Kasus demi kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba terus diungkap pihak kepolisian namun sepertinya tidak membuat jera para pelaku.

“Para orangtua harus menyadari hal ini dan hendaknya mengambil langkah antisipasi agar anak – anak remaja tidak terjerumus menggunakan narkoba,” sarannya.

Selain bahaya narkoba, Alirman Sori juga mengingatkan orang tua untuk mewaspadai dampak negati penyalahgunaan tekonologi informasi. Dengan pesatnya perkembangan alat teknologi komunikasi dan informasi saat ini, setiap orang bisa mendapatkan akses terhadap apapun di internet. Kalau pemanfaatan internet melalui telepon pintar oleh anak – anak tidak dikontrol, bisa saja memberikan pengaruh buruk kepada perkembangan mental dan moral generasi bangsa.

“Penggunaan perangkat telepon pintar di era kemajuan teknologi informasi ini perlu dikontrol oleh orang tua karena internet menyediakan segala hal dan siapapun bisa mengakses apa saja di internet,” ulasnya.

Alirman Sori menyebut, sebagian besar orang, termasuk juga anak – anak dan remaja sudah memiliki perangkat telepon pintar (smartphone). Perkembangan teknologi hendaknya dimanfaatkan untuk memberikan dampak positif kepada penggunanya.

“Orang tua harus “tega” membatasi penggunaan smartphone kepada anak – anak dan mengontrol penggunaannya pada remaja. Arahkan anak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendapatkan hal positif untuk perkembangan intelektualitasnya,” ujarnya.

Walinagari Duku Utara Widoyo Hermanto menyampaikan terima kasih atas kunjungan anggota DPD RI tersebut. Adalah suatu kehormatan mendapat kunjungan mendadak tersebut. Dia berharap, Alirman Sori dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat dan pemerintahan nagari di DPD RI sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya. (*)

Balang

LEAVE A REPLY