Kapolda Sumbar Janji akan Menambah Personil di Mentawai

600
sponsor

PadangTIME.com – MENTAWAI—Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Inspektur Jenderal Fakhrizal berjanji menambah personil polisi di Kepolisian Resort Kepulauan Mentawai.

Menurut dia, berdasarkan laporan dari Kepala Polres Kepulauan Mentawai AKBP Dody Prawiranegara, jumlah anggotanya hanya 30 persen dari jumlah ideal. Pemenuhan jumlah anggota sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menjadi keharusan. “Saya akan berusaha memenuhi jumlah anggota ideal din Polres Mentawai. Nanti lulusan sekola polisi negara akan kami tempatkan di Mentawai,” kata Fakhrizal dalam sambutan kunjungan kerja dan tata muka dengan Forkopinda dan Tokoh Masyarakat Mentawai, Rabu, 27/11/2019.

Fakhrizal menambahkan, Mentawai adalah da…
[10:09, 11/28/2019] Sarul Mentawai: Guna meningkatkan kapasitas relawan dalam rangka pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Mentawai Melalui Badan Penangulanggan Bencana Daerah (BPBD) menggelar pelatihan satgas PB Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kegiatan ini dipusatkan di Aula Makodim 0319/Mentawai, Selasa, 26 November 2019. Pelatihan di ikuti sebanyak 100 Satgas PB MPA yang terdiri dari 10 kecamatan yang berada di empat pulau besar mentawai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Mentawai, Yusuf Hadisumarto menyebutkan, kegiatan pelatihan bagi satgas PB MPA dilaksanakan selama empat hari, untuk hari pertama seluruh peserta mengikuti latihan dasar militer yang langsung di bina oleh instruktur Kodim 0319/Mentawai.

“Pelatihan ini juga di harapkan kepada peserta menyerap ilmu yang diberikan para narasumber selama mengikuti pelatihan, sehingga sistim informasi dapat terbangun dengan baik dengan masyarakat” ujarnya.

Selain itu juga pihaknya mengajak peserta untuk memahami lebih dalam mengenai kebakaran hutan seperti dampak kebakaran hutan, peraturan perundangan bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, dasar-dasar kebakaran hutan, metode pemadaman dan P3K. Sedangkan untuk pelatihan praktiknya akan di laksanakan simulasi pemadaman.

Disebutkan kehadiran satgas PB masyarakat peduli api sangat membantu tugas BPBD dalam pengendalian dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Jadi masyarakat merupakan mitra yang potensial dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing” kata Yusuf.

Ia menambahkan, diakhir kegiatan pelatihan ini peserta akan di kukuhkan sebagai satgas PB Masyarakat Peduli Api (MPA) dan setiap kecamatan di tunjuk satu orang sebagai kordinator wilayahnya masing-masing

Diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan dapat menyerap ilmu pengetahuan, dan diaplikasikan kewilayahnya masing-masing serta bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas nantinya

Balang

LEAVE A REPLY