HUT Ke – 20 Mentawai Bertemakann Mentawai Harmoni Budaya, dan Unggul

288

pADANGtime.com – Saat ini pada 4 Oktober 2019 Genap 20 tahun hari jadi Kabupaten kepulauan Mentawai setelah mekar dari kabupaten padang pariaman pada 4 Oktober 1999. Tema HUT ke-20 Mentawai yaitu Harmoni Budaya, Mentawai Unggul.

“Peraturan Daerah kabupaten kepulauan Mentawai nomor tahun 2017 tentang pengakuan dan perlindungan Uma sebagai Kesatuan adat di kabupaten kepulauan Mentawai serta Perbubnya. Dan itu merupakan perpaduan antara kontek lokal atau konsep berpikir lokal dengan Modernisasi karena dulu tidak perlu itu. Namun karena perkembangan muncullah itu,” ungkap Yudas Sabaggalet. Kamis, (3/9).

Sementara dalam rangka hari jadi kebupaten Kepulauan Mentawai Pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada 6 intansi vertikal yang menerima penghargaan widya karya nusa yaitu, Kodim 0319 Mentawai untuk ketahanan pangan, Polres Kepulauan Mentawai untuk Pembinaan kesadaran hukum masyarakat, Kejaksaan Negeri Tuapejat untuk pengawal dan pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah diterima.

Selanjutnya widya kaya nusa untuk penguatan Sport Tourism di berikan kepada Lanal Kepulauan Mentawai, pencarian dan pertolongan keselamatan masyarakat diterima kepada Kantor kelas B Pencarian dan pertolongan Mentawai dan setrifikasi kepemilikan tanah masyarakat diberikan kepada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dandim 0319 Mentawai, Letkol.Czi. Didid Yusnadi mewakili Forkopimda mengucapkan terima kasih kepada pemkab mentawai telah memberikan penghargaan widya karya nusa kepada 6 lembaga instansi vertikal yang ada di bumi sikerei.

dia sebut, karya yang sudah di lakukan dalam bidang pertanian itu meliputi pendampingan dengan Petugas Pertanian lapangan (PPL), memberikan sosialisasi tentang bercocok tanam, pendampingan pengunaan Bios 44.

Sementara pencapaian dalam pembangunan Kepulauan Mentawai oleh kepemimpinan Bupati Yudas Sabaggalet dan wakil bupati Kortanius Sabeleake, seperti Mentawai Cerdas, Mentawai Sehat, Mentawai Mantap, Mentawai bersi, Mentawai berdaya saing, Mentawai emas, Mentawai kerja, Mentawai terang, Mentawai beradab, dan Mentawai Prima

Festival Pesona Mentawai sebagai ajang mengangkat dan memperkenalkan nilai-nilai Budaya Mentawai ke Wisatawan baik lokal, Nasional maupun Mancanegara. Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet mengatakan Budaya Lokal diperkuat untuk berkembang bersama. Dan itu adalah modal kita untuk membangun daerah ini. Sehingga menjadi Mentawai Unggul. Modernisasi Teknologi yang berasal dari dalam untuk kesejahteraan Mentawai. Dan itulah Mentawai Unggul.

Dengan Wilayah Kepulauan Mentawai yang luas ini. Ada 3 Upaya yang terus dilakukan untuk mempercepat pembangunan di Mentawai yakni, Infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sistem Pemerintahan. Bidang Infrastruktur jalan Trans Mentawai yang saat ini terus dipacu untuk menghubungkan seluruh kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai.

Bidang SDM, Mentawai telah mencatat Sejarah bahwa telah ada Wisuda di Bumi Sikerei ini. Dan pada 12 Oktober 2019 mendatang digelarnya Wisuda kedua Akademi Komunitas Mentawai. “Selain itu kita terus megkuliahkan Putra-Putri Mentawai di berbagai daerah dan berbagai bidang. Dan PNS, memberikan kesempatan bagi mereka untuk izin belajar.

Bidang Sistem Pemerintahan, saat ini Sistem Pemerintahan terpusat berada di Tuapejat atau Pulau Sipora. Tentunya Pulau Siberut dan Pulau Pagai akan mengalami kesulitan. Nah kedepan kita harus mekarkan Pulau Siberut dan Pagai menjadi Kabupaten. Maka melalui itu butuh persiapan SDM dan Persyaratan di setiap Wilayah Kepulauan Mentawai.

LEAVE A REPLY