Hari Perdana Masuk Kantor sebagai Walikota Pariaman, Genius Umar pimpin apel akbar ASN

31

PadangTIME.com – Pariaman – Hari perdana masuk kantor sebagai walikota Pariaman, Genius Umar pimpin apel akbar ASN di Halaman Balaikota, Kamis (11/10). Di sampingnya berdiri wakil walikota Mardison Mahyuddin.

Walikota Genius menegaskan perlunya sinergi antar OPD. Mulai dari jajaran pejabat eselon, hingga staf – guna mewujudkan visi-misi pemerintahan Genis-Mardison – lima tahun ke depan.

“Pemerintahan harus berprinsip ‘total football’. Seperti tim sepakbola, semua harus saling mengisi dan mempunyai peran masing-masing menuju ‘goal’ yang kita inginkan. Dan mereka harus sejalan antara satu dengan lainnya,” ungkap suami dari dr Lucy ini.

ASN, baik pejabat maupun staf, harus memberikan kontribusi bagi SOPD-nya masing-masing. Jangan sampai ada, tetapi tidak memberikan kontribusi apa-apa terhadap instansi dan daerah yang akan menghambat percepatan pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dunia saat ini telah beranjak menuju era digitalisasi, dan masyarakat menuntut untuk perbaikan pelayanan. Untuk itu kita sebagai ASN, harus memberikan sikap dan kinerja terbaik selaku abdi masyarakat,” sambung doktor ilmu kebijakan publik dari IPB itu.

ASN diimbau tidak bekerja stagnan, tetapi mesti berinovasi dan menciptakan prestasi sebagaimana daerah-daerah unggul lainnya di Indonesia.

Kota Pariaman, tukuk Genius, saat ini telah menjadi destinasi wisata. Ia memerintahkan jajaran SOPD membuat program dan inovasi mendukung program tersebut.

“Kita telah sering studi banding ke daerah yang lebih dulu berinovasi, implementasikan di daerah kita,” lanjutnya.

Genius Umar dan Mardison Mahyudin dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman periode 2018-2023 pada Selasa (9/10) oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Sedangkan serah terima jabatan pada Rabu (10/10) di DPRD Kota Pariaman dari Walikota Pariaman sebelumnya Mukhlis Rahman. (anul  z)

LEAVE A REPLY