Gubernur Sumbar Temui Menag RI, Sambut Pelaksanaan MTQ Ke XXVIII Di Sumbar

375
sponsore

PadangTIME.com -Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah MTQ XXVIII pada tahun 2020. Setelah MTQ Nasional XXVII dilaksanakannya Oktober 2018 di Medan, Sumatera Utara.

“Wagub Nasrul Abit beberapa waktu lalu menemui Menteri Agama, guna meyakinkan Menag RI untuk menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 nantinya. Secara subjektif sudah siap, fasilitas, masjid, Perguruan tinggi dan lainnya,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, saat bertemu Menag Lukman di ruang kerjanya, Jakarta, Jum’at (21/09).

Dijelaskan Irwan, pemerintah Provinsi Sumbar, Kanwil Kemenag Sumbar, Bupati, Walikota sudah setuju agar Sumbar menjadi tuan rumah MTQ XXVIII. Selain fasilitas yang sudah disiapkan, anggaran juga siap untuk gelaran tahun 2020.

“Insya Allah kami menyanggupi, Sumbar terakhir menjadi tuan rumah MTQ pada tahun 1983,” tambah Irwan.

Bahkan, lanjut Irwan, hotel, gedung-gedung kampus dan fasilitas lain di Kota Padang, Pariaman dan kabupaten lain bisa dipakai untuk mensukseskan jalannya MTQ XXVIII nantinya. Saat ini juga, stadion utama di Padang Pariaman sudah dibangun dengan dana sebesar Rp 200 Milliar.

“Jika 2020 menjadi tuan rumah, kita akan maksimal usahakan untuk kesuksesannya,” tambah Irwan.

Dijelaskan Irwan, tahun ini juga, Sumbar sebagai tuan rumah pada agenda Hari Pers Nasional (HPN), dan semua rangkaian acara berjalan lancar dan sukses.

“MTQ Tahun 1983, pembukaannya di GOR Agus Salim, dan MTQ 2020 kita ingin di GOR lagi atau masjid Agung, Sumbar,” terang Irwan.

Menag Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik datangnya Gubernur Sumbar menemuinya yang sebelumnya juga sudah disambangi oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Diakui Menag Lukman, memang sudah ada empat calon tuan rumah pada MTQ tahun 2020, selain Sumbar, ada Provinsi Kalteng, Kalsel, dan Sumsel.

Ditegaskan Menag Lukman, untuk menentukan tuan rumah MTQ Nasional tahun 2020 akan dilakukan dan diumumkan pada MTQ XXVII di Medan pada bulan Oktober mendatang. Bagi provinsi yang sudah siap menjadi tuan rumah, dipersilahkan untuk mengajukannya kepada Direktorat Jenderal Bimas Islam dan Biro Umum Kementerian Agama.

“Untuk tuan rumah MTQ 2020, sudah mengajukan, Provinsi Kalbar, Kalsel dan Sumsel. Mekanismenya sudah ada tim yang verifikasi menyangkut kesiapan tiap Provinsi untuk tuan rumah MTQ XXVIII,” tegas Menag.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin, menambahkan bahwa setelah silaturahim Wagub Sumbar pada bulan Juli lalu, tim Ditjen Bimas Islam sudah memverifikasi kesiapan Sumbar sebagai tuan rumah. Namun, selain Sumbar, lanjut Muhammadiyah Amin, Provinsi Kalsel dan Sumbar yang sudah siap, sementara Provinsi Kalteng dan Sumsel baru dalam tahap verifikasi pengajuan.

“Provinsi Sumbar, kami sudah melihat lokasi, Perguruan Tinggi, siap semua, dan keseriusan tim panitia, Pronvinsi Sumbar siap menjadi tuan rumah,” kata Muhammadiyah Amin yang didampingi Karo Umum Syafrizal dan Direktur Penais Khoiruddin.

Balang

LEAVE A REPLY