Dosen Fekon Unand : Saatnya Siswa SMK Diperkenalkan Pasar Modal

1103

PadangTIME.com – Kemajuan teknologi yang diadopsi dalam perekonomian melalui perkembangan ekonomi digital saat ini telah memberikan dampak positif bagi kemajuan pasar modal Indonesia. Teknologi digital membuat akses masyarakat berinvestasi di pasar modal menjadi semakin mudah dan cepat. Dengan kemajuan teknologi keuangan tersebut diharapkan akses generasi milenial, khususnya kelompok pelajar SMK terhadap pasar modal juga meningkat, sebab investasi dapat dilakukan dengan lebih efisien menggunakan aplikasi. Namun dalam kenyataannya akses generasi muda terhadap pasar modal sejauh ini masih sangat terbatas hail ini diungkapkan Rini Rahmahdian Ketua osialisasi dan Edukasi Pasar Modal Bagi Siswa SMK 2 Bukittinggi dalam Rangka Menciptakan Generasi Milenial Melek Investasi Di Era Ekonomi Digital .

Dikatakan Rini Rahmahdian salah satu penyebabnya adalah rendahnya pemahaman kelompok pelajar terhadap investasi pasar modal modern, sekalipun dalam realitanya mereka sangat cepat tersentuh kemajuan zaman. Disamping itu pelajar beranggapan bahwa investasi pasar modal sulit dilakukan karena membutuhkan biaya dan modal yang besar. Padahal investasi dapat mereka lakukan dengan biaya yang cukup murah dengan menyisihkan sebagian uang belanjanya.

Dilatarbelakangi oleh fenomena tersebut, maka sejumlah dosen Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang menginisiasi kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan judul Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Bagi Siswa SMK Dalam Rangka Menciptakan Generasi Milenial Melek Investasi Di Era Ekonomi Digital. Kegiatan ini diketuai oleh Rini Rahmahdian dengan anggota Fajri Muharja, Lukman, Musbatiq Srivani, Adila Adisti, dan Amra Ausri.


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menciptakan generasi milenial yang melek investasi sejak usia dini, sehingga dapat menghasilkan kelompok pelajar yang berdaya dan mandiri secara finansial. Disamping itu, kegiatan juga bertujuan untuk mencetak investor baru yang berasal dari kelompok pelajar, serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Untuk dapat mencapai tujuan secara efektif dan tepat sasaran, maka pada kegiatan ini digunakan beberapa metode pendekatan yang meliputi metode penyuluhan dan diskusi interaktif, metode pelatihan pasar modal, serta pendampingan registrasi dan pembuatan akun investor bagi pemula dengan menggunakan aplikasi berbasis digital.

Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 95 peserta yang merupakan pelajar SMKN 2 kota Bukittinggi. Narasumber dalam kegiatan melibatkan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang yang tergabung dalam organisasi Galeri Bursa Efek Indonesia (GIBEI). Narasumber merupakan investor aktif yang juga memiliki prestasi akademik yang gemilang di kampus. Artinya bahwa investasi pasar modal dapat dilakukan oleh kelompok pelajar tanpa harus menganggu kegiatan akademik. Pelajar dapat menghasilkan pendapatan sejak usia dini tanpa harus melakukan aktivitas kerja secara rutin.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian ini, karena selain disuguhi dengan materi yang kekinian, di sesi akhir acara, peserta juga didampingi untuk mendapatkan akun investor secara online menggunakan aplikasi pada android. Dalam waktu kurang dari 1 jam, peserta sudah bisa terdaftar sebagai investor baru yang dapat langsung melakukan transaksi jual beli saham pada pasar bursa. (tis)

Balang

LEAVE A REPLY

71 + = 76