Genny Putrinda: Anak Berkebutuhan Khusus Miliki Potensi Sama dengan Anak-anak Lainnya

1034

PADANG – Anak berkebutuhan khusus sejatinya memiliki potensi yang sama halnya dengan anak-anak yang lainnya. Hanya saja mereka membutuhkan perlakuan yang lebih, perlakuan yang intens, serta pendidikan, pelatihan dan pengajaran dengan metode yang berbeda dengan anak-anak biasanya.

Anak berkebutuhan khusus ini adalah amanah dari Allah SWT yang harus kita jaga dan kita rawat serta dipenuhi hak-haknya. Kita sebagai orang tua, keluarga dan masyarakat harus menerima keberadaan mereka dengan baik. Demikian disampaikan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang Ny. Genny Putrinda dalam sambutannya pada kegiatan revitalisasi salah satu PAUD di Kota Padang yakni Rumah Belajar Pelangi Nusa Purus Kecamatan Padang Barat oleh PT. Asuransi Astra Padang, Kamis (12/9).

Istri Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa itu melanjutkan, saat ini di Kota Padang telah terdapat sebanyak 46 PAUD yang menjalankan program inklusif, termasuk salah satunya PAUD Pelangi Nusantara. Sebagaimana diketahui pendidikan iklusif yaitunya memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus tetapi mereka mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa untuk bersekolah di sekolah reguler.

“Secara psikis maupun moral mereka berhak memperoleh kesempatan belajar yang sama. Karena semua anak memiliki hak mendapatkan pelayanan PAUD termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Maka itu kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada PAUD Pelangi Nusa dan PAUD Hauriyah Halum karena telah peduli dan mau anak-anak berkebutuhan khusus di sini,” ucapnya.

Selanjutnya Genny Putrinda pun menyampaikan ribuan terima kasih kepada PT. Asuransi Astra Padang yang melalui Program PIJAR ILMU telah memberikan bantuan, perhatian dan kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan khusus.

“Semoga dengan adanya bantuan berupa revitalisasi PAUD ini, kegiatan proses belajar mengajar akan menjadi lebih meningkat. Karena suasananya terasa lebih nyaman dan anak-anak lebih bersemangat. Kita tentu berharap dan berdoa, mudah-mudahan pemberian bantuan ini juga tidak hanya sampai di sini, tetapi dapat berkelanjutan hendaknya,” tukas Genny mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Cabang PT. Asuransi Astra Padang, Iyus Suryaman mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun melalui Program PIJAR ILMU.

“Untuk tahun ini, kegiatan tersebut sejalan dengan peringatan hari ulang tahun (HUT) PT. Asuransi Astra yang ke-63,” terangnya.

Kata dia, Rumah Belajar Pelangi Nusa patut diapresiasi dengan penyaluran bantuan, karena dinilai memenuhi kriteria, diantaranya ada beberapa orang anak dengan kebutuhan khusus yang bersekolah dan juga beberapa fasilitas sekolah yang perlu dilakukan perbaikan.

“Kami berikan apresiasi karena mereka menerima anak berkebutuhan khusus yang memang memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa revitalisasi ini dilakukan secara serentak di 25 kota, dengan anggaran dan jenis bantuan yang berbeda-beda tergantung kondisi dan kebutuhan masing-masing PAUD.

Pemberian bantuan sendiri meliputi pengecatan dinding sekolah, perbaikan beberapa fasilitas, pembuatan tempat cuci tangan dan beberapa cinderamata untuk para siswa. Untuk skala Sumatera Barat, dana yang dikucurkan lebih dari Rp 20 juta dengan pembagian berdasarkan kebutuhan masing-masing daerah.

“Kami mengharapkan, melalui Pogram PIJAR ILMU ini bisa memberikan kontribusi dibidang pendidikan dan tidak hanya memikirkan margin saja. Kemudian semoga bisa memotivasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama” katanya.

“Selain revitalisasi PAUD, Program PIJAR ILMU tahun ini juga memberikan pengetahuan tentang managemen keuangan yang sehat untuk orang tua siswa melalui pelatihan managemen keuangan,” paparnya mengakhiri.(David/BT/*)

LEAVE A REPLY