Genius Umar : Palanta Lapau dapat Jasdi Ruang Partisipasi Masyarakat

239

PadangTIME.com – Pariaman , Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Mardison Mahyuddin kunjungi palanta lapau di Desa Talago Sariak, Pariaman Timur, Minggu (25/11). Palanta lapau itu memiliki komunitas jamaah yang aktif.

Genius berharap keberadaan palanta lapau mampu menjadi ruang partisipasi masyarakat dalam menangkal paham radikal dan berita hoax.

Palanta lapau yang dominan diramaikan oleh kaum Adam yang sebagian besar telah berumah tangga, diharapkan Genius menjadi ruang diskusi produktif agar bisa dicontoh oleh para anak dan kemenakan.

“Peran ayah dan mamak akan mempengaruhi tumbuh kembang pribadi anak kemenakan. Dengan ajaran positif dan didikan ilmu keagamaan akan menciptakan ruang sosial yang sehat bagi tumbuh kembang generasi muda,” kata Genius.

Terkhusus bagi para ayah milenial yang sudah mengenal media sosial seperti facebook di handphonenya, Ia mengimbau agar memposting kabar positif dan membangun yang dapat memotivasi lingkungan sosial.

“Contohnya cara bertani dan cara beternak yang baik guna membantu sesama pengguna media sosial untuk mendapatkan informasi. Ini produktif dan dapat jadi rujukan pengembangan usaha,” ujarnya.

Di samping itu Genius memuji peran masyarakat Desa Talago Sariak yang juga mengajarkan adat istiadat di palanta lapau. Lapau tersebut menurutnya bisa menjadi rujukan palanta lapau lainnya di Pariaman.

Di saat yang sama Kepala Kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur berharap peran ayah selaku kepala rumahtangga lebih ditingkatkan dalam urusan keagamaan.

Fenomena saat ini, kata dia, banyak para ayah yang mulai lalai tanggung jawab sebagai kepala keluarga bahkan hingga mengabaikan anak-anaknya. Ia menyebutnya dengan istilah ‘ayah talunjuak’.

“Nilai-nilai keagamaan faktor fundamental dalam kehidupan bermasyarakat yang mesti terus dikembangkan di tengah masyarakat,” kata dia. (Phaik)

LEAVE A REPLY