FEKON UNAND Sosialisasikan Keuangan Ekonomi Syariah di SMKN 2 Padang

647
Para Peserta Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah di sekolah yang diadakan FakultaS Ekonomi Universitas Andalas di SMKN 2 Padang (foto Tisna)
sponsore

PadangTIME. com – Beberapa tahun terakhir ini ekonomi syariah terus berkembang. Secara global di Indonesia terutama di Sumatera Barat . Ekonomi syariah melandaskan pada syariat Islam, yang berasal dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma, dan Qiyas. Hukum-hukum yang melandasai prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat, kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan, hal ini dikatakan Fany Alfarisy SE, MS,Fin, PHd Ketua Pelaksana Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah di sekolah yang diadakan FakultaS Ekonomi Universitas Andalas di SMKN 2 Padang pada Kamis , (7/11)

Dijelaskan Fany Alfarisy Ekonomi syariah melandaskan pada syariat Islam, yang berasal dari Al-Qur’an, Sunnah, Ijma, dan Qiyas. Hukum-hukum yang melandasi prosedur transaksi sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat ini tidak diukur dari aspek materil saja, namun juga mempertimbangkan dampak sosial, mental dan spiritual serta dampaknya pada lingkungan.

Sosialisasi ini diikuti 40 peserta yang terdiri dari pengurus KPN dan guru -guru dari SMKN 2 Padang serta para Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang.

Sedangkan pemakalah Fany Alfarisy SE, MS,Fin, PHd , dan Hadi Rahardian ,SE, MSi dan juga dihadiri Adila Adisti ,SE,M Sc serta Ika Sari Wahyuni TD, SE, MSAcc,Ak ,CA.

Hadi Rahardian menjelaskan Semua kegiatan ekonomi syariah didasarkan pada akidah, syariah dan moral untuk menyeimbangkan perekonomian.Tujuan perekonomian syariah bukan sekedar keuntungan fisik, namun diarahkan untuk mendapatkan keuntungan dan ketenangan batin di dalam hidup.

Salah satu bentuk riba adalah penambahan-penambahan pembayaran oleh orang yang memiliki harta kepada orang yang meminjam hartanya karena pengunduran janji pembayaran oleh pinjaman dari waktu yang telah ditentukan. Dalam perekonomian syariah praktik riba adalah hal yang dilarang ungkap Hadi Rahardian .

Adila Adisti ,SE,M Sc

Dijelaskan Adila Adisti ,SE,M Sc salah satu prinsip ekonomi syariah itu pembagian kepemilikan yang mengedepankan keadilan Artinya, keuntungan yang diperoleh dari aktivitas ekonomi dibagi secara adil, misalnya dalam koperasi syariah ada bagian keuntungan untuk anggota koperasi .

Saat sosialisasi ini juga dilaksanakan kuis berhadia untuk peserta , tujuanya agar para peserta bersemangat dan antusias mengikuti sosialisasi dan betul betul mendengar dan menyimak materi yang disampaikan pemakalah ungkap Adila Adisti selaku panitia.

Sementara itu Kepsek SMKN 2 Padang Drs.Rusmadi, MPd mengatakan pada PadangTIME.com sangat merespon positif dan berterima kasih atas Dosen Fakultas Ekonomi Unand yang telah melakukan Pengabdian masyarakat di SMKN 2 Padang ini dengan melakukan Sosialisasi tentang Literasi Keuangan Syariah .

Dijelaskan Rusmadi Koperasi SMKN 2 Padang ini memang berniat untuk menjadikan koperasi untuk dijadikan koperasi syariah , namun pihak sekolah punya kendala tentang pembentukannya menjadi koperasi syariah. Koperasi SMKN 2 Padang berharak pada Dosen Fakultas Ekonomi Unand untuk membantu dan menjembatani agar koperasi kami menjadi koperasi yang Syariah . (tisna)

Balang

LEAVE A REPLY