Dukung Visi Bupati, Distanhorbun Bersama Stakeholder Bangun Komitmen Majukan Pertanian

592
PadangTIME.com-Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) bersama seluruh stakeholder tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan se Kabupaten Pesisir Selatan membangun komitmen dan mensatukan tekad untuk memajukan sektor pertanian dalam rangka mendukung pencapaian visi Bupati Pesisir Selatan, H. Hendrajoni, SH.MH yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang mandiri, unggul, agamais dan sejahtera.
Demikian dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Pesisir Selatan, Ir.Nuzirwan, MT, Kamis (4/6) di Painan.
Lebih lanjut Nuzirwan menjelaskan, sektor pertanian tanaman pangan merupakan andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Kemudian sebagian besar masyarakat berusaha disektor pertanian.
“Kondisi itu didukung dengan areal persawahan yang cukup luas dan produktif. Namun pengembangan sektor pertanian mesti didukung dengan sarana dan prasarana irigasi yang memadai,” katanya.
Menurut dia, dalam hal ini, pemkab terus berupaya meningkatkan dan membangun irigasi, melakukan pemeliharaan irigasi, pembinaan dan penyuluhan pada petani, penyaluran alat mesin pertanian, dan pelaksanaan program peningkatan pengembangan pertanian lainnya.
Selanjutnya, pembangunan pertanian di Pesisir Selatan diperlukan percepatan baik melalui alih teknologi, perluasan areal tanam, pembinaan sumberdaya masyarakat dan lainnya.
Disamping itu perlu dilakukan penyebaran informasi penyuluhan tentang perkembangan inovasi teknologi, harga pasar, permodalan, iklim, serangan hama serta kebijakan pembangunan yang berpihak kepada masyarakat.
“Kita berharap setiap program yang dilaksanakan dapat memacu perkembangan sektor pertanian. Itu sangat dipengaruhi oleh kinerja petugas mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai kepada petugas di lapangan. Dalam hal ini juga diharapkan perubahan sikap dan pola pikir masyarakat untuk mau dan mampu meningkat taraf hidupnya ke arah yang lebih baik,” ucapnya.
Dikatakan, dalam rangka menggenjot hasil produksi pertanian, maka Pemkab dalam hal ini Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan melakukan langkah-langah strategis, salah satunya menjalin kerjasama teknologi dengan berbagai pihak, penyuluhan pertanian lapangan, optimalisasi lahan dan lainnya. (Hms/PT)
Balang

LEAVE A REPLY

83 − = 80