DPRD Padang Minta Pemko Tes Swab RT/RW Terjangkit COVID-19

802
PadangTIME.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang meminta pemerintah kota, melakukan tes swab di setiap RT dan RW tempat domisili pasien terjangkit COVID-19 terhadap semua warganya. Hal ini agar diketahui siapa warga yang terkena COVID-19.
“Jika tes swab dilakukan di tempat terjangkit, maka akan ketahuan siapa yang terkena dan tidak terkena. Jangan tes swab hanya dilakukan di pasar raya untuk pedagang, karena kalau hanya pedagang yang disasar juga tak masuk akal, karena tidak semua pedagang menularkan. Pengunjung juga bisa menularkan kepada pedagang,” kata anggota Komisi I DPRD Kota Padang, Budi Syahrial saat dihubungi di Padang, Selasa, 26 Mei 2020.
Ia mengatakan jadi yang paling bagus bukan pedang pasar tapi seluruh warga yang ada di tempat pasien COVID-19 . “Maka satu RT di blok sehingga nanti kelihatan bagaimana penanggulangan terhadap RT tersebut. Pedagang pasti akan keberatan dan merasa didiskriminasi bahwa mereka adalah orang-orang yang menularkan COVID-19 kesemua, padahal tidak demikian adanya,” terangnya.
Budi menuturkan pemberlakuan tes swab kepada pedagang dari segi konsep dinilai bagus. “Namun yang berada di pasar raya tidak hanya pedagang, tapi pengunjung yang juga belum tentu steril dari COVID-19. Sehingga jika mau benar-benar clear harusnya dilakukan tes COVID-19 yang dipusatkan disetiap RT dan RW,” jelasnya.
Sebelumnya, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perdagangan mengeluarkan surat pemberitahuan tanggal 25 Mei 2020 dengan Nomor:007 .IV.1482.V/Dg-2020 terkait tes swab yang akan dilakukan pada pedagang Pasar Raya Padang. (PT)
Balang

LEAVE A REPLY

5 + 5 =