DP3AP2KB Kota Padang Gelar Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK

693
sponsor

PadangTIME.com – – Di setiap kelurahan di Kota Padang terdapat Kampung Keluarga Berencana (KB) yang bertujuan untuk melaksanakan berbagai fungsi keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga yang sejahtera, terbebas dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

“Oleh sebab itu, daerah memiliki keleluasaan untuk mengembangan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), agar lebih berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak”, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Heryanto Rustam usai menghadiri Sosialisasi Advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) program KKBPK bersama mitra kerja di lapangan parkir Masjid An-Nur Belimbing, Senin (25/2/2019).

Kota Padang telah berhasil melaksanakan Program KB, sehingga pemerintah memberikan penghargaan di tingkat Sumbar dan nasional. Program KKBPK ini aspek pengendalian kuantitas penduduk dan aspek peningkatan kualitas penduduk dalam hal ini diukur dengan peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarganya.

Untuk itu, kata Heryanto Rustam, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusur imelalui berbagai indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan 8 fungsi keluarga yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Selanjutnya anggota DPR RI Suir Syam dari Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan dan tenaga kerja, serta pernah dua periode menjabat Wali Kota Padang Panjang mengatakan, bahwa program dua anak dalam program KB bertujuan untuk membentuk generasi yang sehat dan cerdas.

“Namun demikian, meskipun menjadi kewenangan daerah, dalam pelaksanaannya, arah program KKBPK tetap harus mengacu pada kebijakan BKKBN Pusat sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan program KKBPK secara nasional. Sehingga semua daerah diharapkan dapat saling bersinergi dalam mencapai keberhasilan program KKBPK secara umum”, tukas Suir Syam. (Z)

Balang

LEAVE A REPLY