Dinas Kominfo Padang Studi Banding ke Kominfo Bandung, 

13

PadangTIME.com – Dinas Kominfo Kota Bandung diketahui telah lebih dulu maju dalam pengimplementasian Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID).

Menyikapi hal itu, Dinas Kominfo Kota Padang ingin menggali ilmu dan kiat-kiat yang telah dilakukan Dinas Kominfo kota kembang tersebut. Kamis (14/3), rombongan Dinas Kominfo yang dipimpin Sekretaris Tarmizi Ismail itu melakukan lawatan ke Dinas Kominfo Kota Bandung, Kamis.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung diwakili Kepala Bidang Diseminasi Informasi Ely Harliani menjamu rombongan dengan dialog bersama di ruangan media center setempat.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Padang Tarmizi Ismail menyampaikan, studi banding ini bermaksud ingin mengetahui seputaran kiat-kiat yang telah dilakukan Dinas Kominfo Bandung sejauh ini.

“Kita mengetahui Kota Bandung lebih dulu maju dalam hal ‘smart city’. Dimana dalam upaya itu garda terdapannya adalah Dinas Kominfo,” ungkapnya didampingi Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi, Statistik dan Persandian (KSP) Dinas Kominfo Swesti Fanloni dikesempatan itu.

Menurut Tarmizi lagi, dalam studi banding ini pihaknya juga ingin melihat pengimplementasian PPID yang mulai m3njadi kewenangan Dinas Kominfo Kota Padang terhitung sejak 2019.

“Maka itu kita ingin melihat perbandingan dengan proses pelaksanaan PPID yang dilakukan oleh daerah-daerah lain meski peraturannya sama. Dan kita akan menimba ilmu dan mendapat masukan lebih banyak lagi baik terkait segi anggaran, perencanaan dan sampai pelaksanaan kegiatan,” tuturnya.

“Alhamdulillah, apa yang telah dilakukan Dinas Kominfo Bandung akan menjadikan patokan bagi kita untuk memperbaiki atau membangun kembali bagaimana pengelolaan PPID yang baik untuk Kota Padang ke depan,” ucapnya.

Kepala Bidang Diseminasi Informasi Ely Harliani membeberkan beberapa langkah Dinas Kominfo Padang dalam pelaksanaan PPID.

“Dari segi pengelolaannya kita sudah memiliki PPID Utama yang betul-betul tidak hanya di atas kertas. Artinya tidak sebatas dalam SK Wali Kota, Sekda atau pimpinan. Tetapi betul-betul terimplementasi dari komitmen pimpinan untuk menjalankan fungsi dari PPID itu sendiri,” terangnya.

Ia melanjutkan, sekaitan PPID juga sudah berkolaborasi sehingga kegiatan-kegiatan di semua OPD sudah terfasilitasi dengan adanya PPID Pembantu di setiap OPD.

“Kita bersyukur sekali sudah masuk ke sub PPID Pembantu , yakni sekolah-sekolah yang menjadi kewenangan kota khususnya tingkat SD dan SMP sederajat sudah memiliki sub pengelola pelayanan informasi itu,” tukasnya. (David)

LEAVE A REPLY