Dies Natalis UIN Imam Bonjol Ke-53 jadikan UIN semakin Berkipra

740
sponsor

PadangTIME.com – Dalam rangka memperingati Dies Natalis UIN ke 53 berbagai kegiatan dilakukan dan acaranya juga dihadiri Menteri Agama Jenderal (Purn) Fachrul Razi hadir pada acara Dies Natalis ke-53 Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol.

Dies Natalis dilakukan dalam Sidang Senat Terbuka di Auditorium Mahmud Yunus UIN Imam Bonjol. Pada kesempatan tersebut turut hadir Senat UIN Imam Bonjol, Kapolda Sumbar Jenderal Pol Fakhrizal, dan Kakanwil Kemenag Sumbar.

Rektor UIN Imam Bonjol Eka Putra Wirman mengatakan, UIN Imam Bonjol telah banyak memberi bakti kepada negeri hingga usianya yang ke-54. “Dari UIN telah lahir tiga IAIN, yaitu: Bukittinggi, Batusangkar, dan Padangsidempuan,” ujarnya di Padang, Jumat (29/11).”UIN Imam Bonjol juga sudah punya satu cucu, yaitu UIN Sumatera Utara,” lanjutnya.

Eka mengatakan alumni UIN Imam Bonjol banyak yang menjadi kepala daerah. “Alumni UIN Imam Bonjol juga banyak yang menjadi kepala daerah. Bupati Tanah Datar alumni UIN dan sekaligus Ketua Iluni. Ada juga Walikota Sibolga. Banyak alumni UIN menjadi anggota DPD dan DPR RI. UIN Imam Bonjol telah banyak berbakti untuk negeri ini,” tuturnya.

UIN Imam Bonjol saat ini membuka enam fakultas: Adab dan Humaniora, Dakwah dan Komunikasi, Syariah, Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan di Desember akan diresmikan Fakultas Saintek. Juga ada Program Pascasarja S2 dan S3.

Eka menambahkan, kampus UIN tersebar di tiga lokasi. Kampus satu di Jalan Sudirman, Kampus dua di Lubuk Lintah. “Bulan Desember, akan ditentukan pemenang yang membangun kampus tiga dengan luas area 63 hektar di Sungai Bangek atau Balai Gadang,” ungkapnya.

UIN Imam Bonjol saat ini tercatat memiliki sekitar 12.700 mahasiswa. Sebanyak empat program studi sudah terakreditas A, sisanya terakreditasi B. “Sudah tidak ada lagi prodi yang akreditasinya C,” pungkasnya. (tis)

Balang

LEAVE A REPLY