Dampak Pesan Tujuh Sikirai Telah Dirasakan Masyarakat Mentawai

538

PadangTIME.com – Tujuh pesan Sikirai adalah tujuh pesan kesehatan yang digagas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai berdasarkan kearifan lokal setempat. Sikirai  merupakan akronim dari Stop buang air besar sembarangan, Istirahat yang cukup, Konsumsilah garam beryodium makanan beraneka ragam sayur dan buah-buahan, Enyahkan asap rokok dan kasus gizi buruk, Rajinlah berolahraga secara teratur, Eliminasi penyakit kaki gajah dan penyakit malaria serta temukan obat sampai sembuh penyakit TB, dan Ingatkan keluarga anda untuk menimbang Balita di posyandu setiap bulan pemberian Asi saja kepada bayi sampai umur 6 bulan persalinan oleh tenaga kesehatan.Tiga tahun berjalan, filosofi kesehatan dalam program Tujuh Pesan Sikirai di Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah dirasakan oleh masyarakat. Di antaranya dengan dilaksanakannya berbagai kegiatan kesehatan. Salah satunya lomba menulis surat cinta kepada orang tua untuk berhenti merokok.

Hal tersebut merupakan pesan moral tentang kesehatan supaya bisa menjiwai. Meski demikian, Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet menegaskan, tidak cukup dengan pesan moral, tapi harus diikuti dengan tindakan-tindakan yang pragmatis.

“Jadi, tujuh pesan Sikirai  itu diambil dari nilai filosofinya, bukan Sikereinya. Maknai dengan konteks kearifan lokal dan isinya dimasukkan ke dalam program kesehatan,” kata Yudas di ruang kerjanya, Senin (4/3).

Yudas Sabaggalet  mengatakan, pradigma untuk wewujudkan masyarakat sehat penekanannya harus dilakukan dengan cara pendekatan lingkungan. Untuk mewujudkan itu tidak bisa dilakukan sendiri, tapi dilakukan secara bergotong royong. Dengan kata lain, lembaga-lembaga lainnya juga harus ikut peduli dengan lingkungan.

Meski demikian, katanya, capaian kinerja dari program tujuh pesan Sikerei Dinas Kesehatan Mentawai, sudah cukup memuaskan. Implementasi tujuh pesan SIKEREI, kata Yudas, intinya harus melalui pendekatan kepada masyarakat. Lingkungan harus bersih, sehingga penerapan yang dilakukan senyawa dengan filosofi kesehatan.

Salah satu contoh, kasus penyakit TB setelah diobati, namun tidak sembuh-sembuh. Itu dikarenakan faktor lingkungan yang tidak bersih. Maka, petugas kesehatan sekarang harus lebih mengajak masyarakat dengan pendekatan lingkungan, ucap Yudas.(s)

 

Balang

 Hubungi Untuk Pendaftaran  Atau Hal Penting Lainnya

Telepon: 081275511555 / 081371195735




LEAVE A REPLY

93 − = 90