Padang TIME.com-Kekuatan Nilai Budaya Mentawai yang Eksotis bakal pukau Wisatawan di Festival Pesona Mentawai (FPM) pada 28 Juni 2019 ini. Pasalnya, Suku Mentawai adalah satu Suku yang unik dari 19 Kabupaten di Provinsi Sumatra barat yang Mayoritas Suku Minangkabau.

Maka melalui FPM ini, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai meningkatkan Wisatawan di setiap tahun.

Menurut Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet, ada tiga tujuan diselenggarakanya FPM tersebut yaitu, Aspek Budaya, Promosi Daerah dan Pembangunan Ekonomi.

Bidang Budaya, dikatakan, berbagai macam atraksi diantaranya teater rakyat yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya Mentawai secara utuh.

“Sehingga mereka tahu bahwa di Mentawai itu ada kekuatan nilai budaya yang harus kita kembangkan,” ungkapnya kepada Wartawan. Kamis, (28/06) di lokasi FPM 2019.

Bidang Promosi, disebutkan bahwa mengenalkan beberapa destinasi di daerah kawasan desa Wisata malalui Pameran Stan di sepuluh kecamatan kabupaten Mentawai.

Bidang Ekonomi, dijelaskan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat tentunya butuh ransangan dengan membangun kawasan wisata.

“Dengan adanya Kawasan Wisata, Masyarakat dapat menjual hasil pertanian dan kelautan serta lain sebagainya kepada Waisatawan,” tambahnya.

Sementara ia menargetkan untuk jumlah pengunjung pada FPM 2019 ini sekitar 30 ribu Wisatawan, baik Kementrian, Gubernur dan kabupaten/kota se Provinsi Sumatra barat serta media Televisi Nasional.

“Kita mengirim undangan, Poster dan hal yang berkaitan dengan Informasi FPM 2019,” tutup Yudas Sabaggalet.

Ditempat yang sama, Kepala Dispora Mentawai mengatakan, ada tiga jenis asal Stan pada pameran FPM yaitu Stand Kecamatan, Stand Pemerintah, dan Stand Masyarakat pelaku usaha.

“Kita juga menyediakan stan non pemerintah. Saat ini, persiapan sudah mencapai 94 persen. Dan 6 persen lagi on time besok, pukul 14.00.wib,” katanya.

LEAVE A REPLY