Babinsa Koramil 04/Bringin Kodim 0714/SalatigaTurun Ke Ladang Jagung

345

PadangTIME.com – Salatiga , Ada yang tak biasa di sebuah lahan jagung di wilayah Dusun Wonorejo, Desa Nyemoh, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Senin (21/01/2019), pasalnya seseorang beratribut TNI AD tampak masuk ke lahan tanaman jagung dan turut memetik jagung bersama beberapa petani. Prajurit TNI AD tersebut belakangan diketahui bernama Serka Saswito, personel Babinsa Dari Koramil 04/Bringin Kodim 0714/Salatiga.

Pagi itu Serka Saswito sengaja melakukan pendampingan panen jagung di lahan milik Karjo, warga setempat. Hal ini sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, diwilayah binaannya. Karjo memiliki lahan jagung seluas lebih kurang 1/4 hektar dengan perkiraan hasil panen kali ini mencapai lebih kurang 14 kuintal.

Menurut Serka Saswito saat ditemui disela – sela aktifitasnya memanen jagung, “Jumlah panen yang begitu melimpah ini dikarenakan jenis jagung yang ditanam Pak Karjo adalah jenis hibrida P36 yang memang memiliki sejumlah keistimewaan dibanding jagung jenis lain,” ungkap Serka Saswito.

“Jagung hibrida P36 Bekisar merupakan hasil riset sebagai solusi bagi petani dalam menangkal serangan bulai, serta memberikan potensi hasil lebih tinggi, benih jagung P36 Bekisar memiliki potensi hasil mencapai lebih kurang 13 MT/hektar. Benih ini dapat ditanam pada populasi rapat sampai 100.000 tanaman per hektare. Dengan daya tumbuh optimal dan pertumbuhan yang seragam, P36 Bekisar mampu menghasilkan tongkol yang berbobot dengan rendemen mencapai 80 persen. Selain memberikan hasil yang lebih tinggi dan tahan bulai, biji jagung dari produk P36 juga lebih merah,” ungkap Serka Saswito, dengan fasih dalam memberikan paparan jenis jagung yang diketahuinya.

Pengetahuan yang dimiliki oleh Serka Saswito mengenai tanaman jagung, dia dapatkan dari seringnya dia berinteraksi dengan para petani dan PPL di wilayah binaannya.

Secara terpisah, Karjo menuturkan kebahagiaannya dengan hasil panen kali ini dan juga rasa terima kasihnya kepada anggota Babinsa Desa Nyemoh dari Koramil 04/Bringin Kodim 0714/Salatiga.

“Iya bersyukur karena panen kali ini lebih banyak dan lebih bagus kualitasnya. Saya juga sangat berterimakasih kepada bapak TNI, karena sudah berkenan membantu sIya bersyukur karena panen kali ini lebih banyak dan lebih bagus kualitasnya. Saya juga sangat berterimakasih kepada bapak TNI, karena sudah berkenan membantu saya yang hanya petani kecil ini memanen jagung. Saya sangat bangga dengan TNI,” tutur Karjo dengan derai tawa bahagia. (yd/sol)

LEAVE A REPLY