Anggota DPRD Padang : Kampung KB Pagang Prioritas pada Harganas 2020

612
sponsor

PadangTIME.com –– Anggota DPRD Kota Padang Faisal Nasir Anggota DPRD Kota Padang hadir pada acara BKKBN bertemakan Menuju Harganas 2020, Kampung KB Pagang Dalam Semakin Berseri di Kecamatan Nanggalo , Minggu (3/11/2019).

Kampung KB Pagang Dalam mendapat kunjungan Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN RI H. Nofrijal dan Kepala Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Syahfruddin dan jajaran.

Kunjungan tiga pejabat itu disambut langsung Camat Nanggalo Teddy Antonius bersama masyarakat setempat. Pada kesempatan itu dilaksanakan olahraga bersama warga.

Sestama Nofrijal mengatakan, Kampung KB menjadi tema besar pada Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 nanti. Ini kesempatan untuk kampung KB yang ada untuk berbenah sebagai pendukung utama kegiatan tersebut.

“Kampung KB pendukung utama kegiatan Harganas 2020. Presiden dan menteri serta seluruh peserta dari 34 provinsi akan mengunjungi kampung KB,” kata Nofrijal.

Nofrijal mengajak masyarakat kampung KB, khususnya di Pagang Dalam agar mulai bergairah mempersiapkan diri. Agar nantinya ada ikon-ikon yang dimunculkan. Termasuk produk-produk dari kampung KB sendiri yang nanti bisa dipasarkan secara online.

“Produk-produk itu nanti kita tempatkan dalam sebuah website dan dipasarkan secara online. Orang-orang tinggal datang setelah memesan produk yang diminati,” kata Nofrijal yang juga putra Minangkabau tersebut.

Untuk itu, Nofrijal menambahkan, menjelang pelaksanaan Harganas pada bulan Mei 2020 nanti, produk-produk yang diunggulkan di kampung KB sudah bisa diinventarisir dari sekarang.

“Untuk kampung KB harus ada rumah data yang menghimpun semua data keluarga dan potensi-potensi yang diunggulkan,” katanya.

Mulai sekarang siapkan lahan, ulasnya lagi, lahan itu nanti dijadikan pertanian organik. “Warga dilatih untuk itu dan akan kami datangkan instrukturnya,” kata Nofrijal.

Senada dengan itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Sumatera Barat H. Syafruddin menyebut Kampung KB Pagang Dalam adalah yang paling terkihat kemajuannya. Semangat swadaya masyarakatnya sangat tinggi sehingga kesejahteraan warganya meningkat.

“Kita lihat Kampung KB Pagang Dalam saat ini sudah jauh berubah dari beberapa tahun lalu,” sebutnya.

Sementara itu, Camat Nanggalo Teddy Antonius menceritakan kilas balik pembangunan kampung KB Pagang Dalam bersama tokoh masyarakat dan warga setempat. Seperti diketahui, Pagang Dalam dulunya sangat tertinggal dibanding wilayah lainnya.

“Kampung ini dulunya teringgal dan sangat minim infradtruktur. Berawal dari pengusulan warga setempat untuk meningkatkan infrastruktur, maka hal itu langsung ditindaklanjuti pemerintah kota secara spontan menurunkan alat berat untuk membersihkan lahan untuk jalan,” kata Teddy.

Yang luar biasa dari warga, menurut Teddy, pembebasan lahan dan pembebasan tanaman tanpa ganti rugi sama sekali. “Nilainya juga sangat besar. Mencapai Rp 2 milyar,” tukas Teddy.

Teddy menyebutkan, pembangunan Kampung KB Pagang Dalam semakin menggeliat karena didukung anggota DPRD Kota Padang asal dapil setempat, Faisal Nasir.

Pada kesempatan ini hadir tokoh masyarakat dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Zurman Jun, Ketua RW sekaligus Ketua Kelompok Kerja Kampung KB, Akmal serta para kader.

Balang

LEAVE A REPLY