Ternyata Jambu Biji Merah Dapat Mengatasi Asam Lambung

5618
sponsore

PadangTIME.com – Merah Jambu biji (Psidium guajava) mempupunyai segudang manfaar untuk kesehatan tubuh manusia, terutama dapat juga mengobati asam lambung. Buah jambu merah mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa yang kandungannya cukup tinggi adalah vitamin A, vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, kalium, mangan. magnesium, dan tembaga. Kandungan vitamin C dalam buah jambu merah bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Jambu biji merah juga merupakan buah yang tinggi serat. Hal ini dialami ibu Nova Linda yang telah lama menderita Asam lambung dan tekanan darah rendah. Sejak awal puasa ramadhan 1440 Nova Linda mengkosumsi Jambu Biji Merah , ternyata setelah meminum Jus Jambu Biji Merah penyakit Asam yang dialaminya bertahun tanun menjadi sembuh. Dan tekanan Darahnya menjadi normal kembali.
Jambu biji merah dapat menjaga sistem pencernaan. Jambu yang satu ini memang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam satu buah jambu ini dapat memenuhi kurang lebih 12% kebutuhan serat harian.
Jambu biji dan daun jambu biji juga sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Efek antimikroba yang ada dalam jambu mampu untuk mengatasi gangguan seperti diare. Risiko berbagai infeksi saluran pencernaan juga dapat menurun dengan konsumsi jambu biji secara rutin.
Jambu biji merah dapat menurunkan kolesterol dan teknanan darah. Hal ini lah yang menjadikan jambu sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol tinggi dan juga tekanan darah tinggi merupakan pemicu dari penyakit kardiovaskular.
Kandungan serat dalam jambu, baik untuk metabolisme lemak, sehingga dapat menurunkan kolesterol LDL dan mencegah terjadinya pementukan plak pada pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam jambu juga dapat membantu untuk mengontrol tekanan darah.
Selain itu Jambu Biji Merah juga dapat mengatasi gejala diabetes. Selain dapat menurunkan kolesterol, makanan tinggi serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Serat atau dietary fiber yang masuk ke tubuh tidak akan diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah.
Serat juga mampu untuk memberikan efek kenyang yang lebih lama. Makanan jenis ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes karena penderita diabetes diharuskan melakukan diet tertentu untuk mencegah risiko naiknya kadar gula darah.
Menjaga kesehatan mata
Seiring dengan bertambahnya usia atau akibat kebiasaan tertentu, umumnya kemampuan penglihatan seseorang akan menurun. Kandungain vitamin A dan vitamin C dalam jambu membuat buah yang satu ini mampu untuk menjaga kesehatan mata agar kemampuannya tidak menurun. Konsumsi jambu secara rutin dipercaya dapat menurunkan gangguan mata seperti katarak dan juga degenerasi makula.
Meningkatkan imunitas tubuh
Manfaat jambu biji selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Jambu merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan vitamin C merupakan vitamin yang paling baik untuk memelihara imunitas tubuh. Jika terserang penyakit ringan, tanpa harus menggunakan obat, konsumsi vitamin C biasanya cukup untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi lebih lanjut.
Konsumsi vitamin C setiap hari sangatlah penting karena vitamin C tidak akan disimpan dan menumpuk di dalam tubuh. Satu buah jambu merah per hari sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.
Baik untuk kesehatan kulit
Manfaat jambu selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dalam jambu dapat mencegah penuaan dini. Antimikroroba dari ekstrak jambu dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Jangan lupakan juga kandungan vitamin C yang sangat baik untuk mencerahkan kulit.
Selain buahnya, daun jambu juga memiliki manfaat untuk kulit. Penggunaan daun jambu secara topikal dapat membantu penyembuhan luka di kulit agar lebih cepat

Jambu memilki kandungan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah magnesium. Kekurangan magenesium diduga dapat menyebabkan stres dan depresi karena magnesium memiliki peran dalam fungsi otak dalam mengatur suasana hati. Megnesium juga dapat membantu relaksasi saraf dan otot sehingga membuat seseorang lebih tenang.
Sumber antioksidan
Manfaat jambu biji tentu saja sebagai sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Keberadaan radikal bebas dalam tubuh akan memicu berbagai kerusakan sel dan dapat memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, termasuk tumor dan kanker. Maka dari itu, konsumsi makanan kaya antioksidan sangatlah penting untuk memelihara sel secara keseluruhan.
Kasiat lainnya yang takkala pentingnya adalah meningkatkan Tranbosit darah , pada umumnya penderita DBD selalu dianjurkan untuk mekosumsi Jus Jambu Biji Merah , hal ini bertujuan untuk meningkatkan tranbosit darah (***)

Balang

LEAVE A REPLY