2020 UNP Akan Berikan Beasiswa Pada Mahasiswa Berprestasi Pasaman

1071

PadangTIME. com – Universitas Negeri Padang (UNP) mewisuda sebanyak 2948 orang wisudawan dan wisudawati. Wisuda yang dilaksanakan hari ini Minggu (15/9) , Pada wisuda UNP juga melaksanakan penekanan kontrak kerjasama antara pemerintahan kabupaten Pasaman dalam upaya peningkatan SDM dibidang pendidikan, hal ini dikatakan Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph. D.

Kerjasama UNP dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman dalam hal peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana daerah ini cukup rendah dibandingkan daerah lain,” kata Rektor UNP, Ganefri pada pelaksanaan hari kedua wisuda ke 116 UNP di Padang, Minggu.

Ganefri menjelaskan, angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Pasaman sebelumnya, 7,3 tahun naik saat ini menjadi 7,8 tahun. kenaikan tersebut secara nasional memang cukup baik.

Tapi kata Ganefri, banyak terobosan yang bisa dibuat untuk percepatan Indeks Pembangunan Manusia di Pasaman supaya bisa lebih tinggi. Salah satu kuncinya adalah pada sektor pendidikan pada pengembangan sumber daya manusianya.

“Kabupaten Pasaman saat ini fokus pada pengembangan kualitas dari pada sumber daya manusianya, itu langkah yang strategis karena salah satu dasar pembangunan IPM adalah pendidikan,”

Dikatakan Ganefri semua yang disampaikan Bupati Pasaman Yusuf Lubis bahwa kabupaten Pasaman dari segi tingkat indek pendidikan daerah yang tingkat provinsi Sumatera Barat tergolong paling bawah tingkatannya, adalah benar.

Untuk meningkatkan pembangunan manusia di Kabupaten Pasaman terkait 3 bidang, diantaranya pendidikan, kesehatan, dan ekonomi tambah Ganefri.

Lebih lanjut dikatakan Ganefri untuk mengatasi rendahnya tingkat pendidikan di Kabupaten Pasaman maka tahun 2020 UNP akan melakukan kerjasama dengan Pemkab Pasaman dalam upaya meningkatkan pembangunan SDM masyarakat Pasaman dengan cara menerima siswa yang berprestasi melalui siswa undangan ini ditujukan untuk siswa yang ekonominya tidak mampu dan memberikan biayasiswa pada mahasiswa tersebut. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan.

UNP telah berhasil menjalin kerjasama Internasional dengan 100 Perguruan Tinggi dan Lembaga – lembaga diluar negeri , serta memberi akses akademis untuk mahasiswa asing . Dari data tahun 2019 63 irang mahasiswa asing kuliah di UNP yang berasal dari Jepang, Myanmar, Malayia, Thailand dan Philipina. (tisna)

LEAVE A REPLY